Latest News

Cerita dari Hafiz Ritonga Kapten tim FBQ Instiper di 3rd Food Bowl Quiz Competition di Universitas Andalas

Hafiz, Nadya, Novitasari dan Ilham
Kami adalah Tim 1 dari jurusan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN yang terdiri dari M Alhafiz Ritonga sebagai Kapten tim, Ilham Wiliyanto, Nadya Prashinta risky dan Novita sari. Pertama kali kami berniat untuk mengikuti seleksi ini dikarenakan kami ingin meramaikan kompetisi ini sebagai tuan rumah di tingkat regional Yogyakarta dan jawa tengah. Setelah menunggu satu minggu, Akhirnya keluar  pengumuman dari panitia pusat Ternyata kami lolos di tingkat nasional dan mendapatkan peringkat ke tiga di Provinsi Yogyakarta dan Jawa tengah, peringkat satu dan dua tetap dipegang oleh Universitas gadjah mada. Terkadang kami merasa tidak percaya bahwa tim kami masuk kompetisi di Tingkat nasional, Khususnya di The 3rd Indonesian Food Bowl Quiz National Competition, menurut kami ini sebuah anugerah pemberian tuhan yang luar biasa karena kami bisa mengharumkan nama Kampus , Jurusan  dan organisasi tercinta (HIMATEHAPE).
Selama dua bulan penuh kami  melakukan persiapan sebaik mungkin dengan bimbingan dosen dan akhirnya pada tanggal 11 Maret kami berangkat ke padang dengan membawa nama almamater ,Sampai disana kami disambut sangat ramah oleh Panitia Nasional dan bertemu dengan banyak mahasiswa mahasiswi dari berbagai daerah yang telah melakukan persiapan tempur di kompetisi nasional ini, Universitas yang lolos seleksi nasional terdiri atas Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pelita Harapan, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian STIPER, Universitas Katolik Widya Mandala Universitas Brawijaya dan Universitas Mulawarman.
Pada tanggal 12 maret 2015, kami mengikuti Talk show yang berjudul tentang ‘’ Peranan perguruan tinggi dan stakeholder dalam mendukung swasembada dan kedaulatan pangan untuk Indonesia Sejahtera” yang diadakan oleh panitia Nasional,Setelah mengikuti talk show kami melanjutkan perjalanan menuju Museum Adtyawarman. Sesampai di Museum Adtyawarman kami dipandu seorang Guide dan menceritakan tentang kebudayaan sumatera barat khususnya budaya minang selama 1 jam sebelum pulang kami berfoto bareng dengan para delegasi di depan Museum Adtyawarman. Malam harinya  kami melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu perjamuan makan malam dari Walikota padang, perjamuan dilakukan selama 3 jam.
Peserta IFBQ dan Pembicara Talkshow

Keesokan harinya pada tanggal 13 Maret 2015 yaitu hari kompetisinya dimulai, Kompetisi dilaksanakan di Auditorium UNAND, selanjutnya kami dibagi 3 sesi dengan melakukan undian. Sesi 1 terdiri dari UGM, INSTIPER dan USU. Sesi 2 terdiri dari UB, UPH dan UGM, Sesi 3 IPB dan UKWM namun tim Unmul tidak dapat hadir pada saat itu. Semua sesi mengalami kompetisi yang sangat sengit dengan perbandingan hasil nilai tidak begitu jauh sehingga didapatkan pemenang di tiap sesi, sesi 1 adalah UGM, Sesi 2 adalah UPH, sesi 3 adalah IPB. Kemudian setiap pemenang sesi  dipertemukan di grand final. Selama Kompetisi di Grand final, para pemenang sesi saling menunjukkan kebolehan dalam ilmu pangan, setelah begitu sengit kompetisi tersebut dan akhirnya UPH sebagai pemenang pertama, IPB Sebagai pemenang kedua dan UGM sebagai pemenang ketiga. Walaupun kami kalah di nasional tetapi kami sangat senang karena kami masuk semi final di tingkat nasional dan kami bertemu teman teman baru dari berbagai daerah .
Juara 3rd IFBQ

Pada tanggal 15 Maret 2015 kami bersama dengan para delegasi lainnya diajak berdarmawisata selama seharian penuh ke tempat tempat yang menakjubkan seperti RUMAH PUISI TAUFIK ISMAIL, pusat oleh oleh , ISTANA BASO PAGARUYUNG dan JAM GADANG. Sedikit cerita di Istana Pagaruyung kami melakukan sesi foto bareng dengan seluruh delegasi dan panitia nasional UNAND. Keesokan harinya kami melakukan persiapan kembali menuju Yogyakarta .

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada Rektor INSTIPER BESERTA jajarannya  telah memfasilitasi kami dalam pendelegasian untuk ke padang, Dosen THP INSTIPER yang membimbing kami, Kawan Kawan THP INSTIPER yang mensupport penuh kami, Panitia The 3rd Indonesian Food Bowl Quiz National Competition telah memfasilitasi kami dengan luar biasa,HMPPI telah meyelenggarakan event ini setiap tahunnya dan LO kami mas eki riwanto, serta Kawan kawan  delegasi di seluruh Indonesia.Semoga kedepannya Kompetisi ini akan berlanjut kedepannya dan besar harapannya untuk adik adik  THP INSTIPER di tahun berikutnya dapat memenangkan kompetisi ini. Aminn… (Hafiz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMATEHAPE Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.