Latest News

Selamat Hari Pangan Sedunia

Selamat Hari Pangan Sedunia

Sudah tahu belum kawan kawan tentang Peringatan Hari Pangan Sedunia?
Apa sih hari pangan sedunia itu? dan bagaimana sejarahnya? dan apa tujuan diperingati hari pangan sedunia?
Yuk kita cari, kita googling sejenak...

Setiap tanggal 16 Oktober sejak tahun 1981, seluruh negara anggota FAO (Food and Agriculture Organization) termasuk Indonesia memperingati HPS (Hari Pangan Sedunia) secara Nasional.
Peringatan World Food Day ditetapkan melalui Resolusi PBB No.1/1979 yang merupakan tindak lanjut dari kesepakatan FAO Conference tahun 1979 di Roma, Italia yang dihadiri oleh 147 negara anggota FAO.
Di Indonesia, pelaksanaan HPS secara nasional dimaksudkan sebagai wahana meningkatkan pemahaman, kepedulian serta menggalang kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan sinergi menangani masalah pangan. Isu dampak perubahan iklim yang saat ini menjadi pembicaraan dan perhatian dunia internasional membuktikan bahwa iklim sangat berpengaruh besar terhadap keberlanjutan kehidupan manusia. Pertumbuhan penduduk selalu diiringi oleh meningkatnya kebutuhan hidup, sementara ketersediaan lahan dan air tidak berkembang, sehingga menyebabkan tekanan terhadap kedua sumberdaya ini semakin berat.
Dan pada tahun 2015 ini, pemerintah Indonesia meluncurkan tema hari pangan sedunia dengan tema "Perlindungan Sosial dan Pertanian". Tema tersebut menunjukkan bahwa pemerintah menyadari pentingnya perlindungan sosial bagi masyarakat khususnya petani dan juga perlindungan pertanian, dalam hal ini produktifitas dan mutu pertanian. Seperti yang kita ketahui bahwa pertanian di Indonesia sekarang ini tengah mengalami banyak permasalahan, mulai dari kekeringan, pupuk, kualitas tanah, bibit dan sebagainya. Oleh karenanya untuk mewujudkan swasembada diperlukan usaha yang keras dan inovasi inovasi yang kreatif.
Kita sebagai anak muda, khususnya yang mengenyam pendidikan dibidang pertanian, harus mempersiapkan diri, memperbaiki kualitas diri,  guna mewujudkan tujuan tersebut, demi kedaulatan pangan Indonesia.

Maju terus pangan Indonesia, maju terus pertanian Indonesia, Majulah bangsaku...!! Selamat hari Pangan sedunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMATEHAPE Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.